Minggu, 05 Januari 2014

USTAIMIN MEMBENARKAN “ BID’AH HASANAH “


Mari kita fahami devinisi bid’ah menurut sabda Nami Muhammad saw. Ketika Rosul mengutus Mua’ad bin Jabal untuk menjadi gubernur Yaman, sebelum beliau berangkat, ditanya,  كيف تقضى اذا عرض لك قضاء ؟   bagaiman cara engkau memutuskan perkara yang dibawa kehadapanmu, اقضى بكتاب الله    saya akan memutus perkara dengan kitab Alloh, فان لم تجد فى كتاب الله ؟  kalau engkau tidak menemukan dalam kitab Alloh, فبسنة رسول الله   saya akan emutuskan dengan sunnatulloh ( alhadist ) فان لم تجد فى سنة رسول الله ولا فى كتاب الله ؟  apabila tidak dijumpai dalam dalam sunnah dan kitabulloh, ( Al-qur’an hadist ) اجتهدو رأي ولاالو  ketika itu saya akan berijtihad dan tidak akan bimbang sedikitpun, lalu Nabi menaruh tangannya kedada Mua’adz bin Jabal, seraya bersabda,الحمد ا لله الذي وفق رسو ل الله لما يرضى سول الله  “ SEMUA PUJI BAGI ALLOH YANG TELAH MEMBERI TAUFIQ UTUSAN ROSULULLOH, SEHINGGA MENYENANGKAN HATI ROSULNYA. “ (  Shoheh tirmidzi juz 2 halaman 68-69, Sunan Abu Daud juz juz 3 halaman 203 )

Dari penjelasan hadist ini alangkakah senangnya hati Rosul ketika mendengar jawaban Mu’adz bin jabal “    Bila tidak terdapat dalam Qur’an hadist saya akan berijtihad dan tidak akan bimbang sedikitpun      ini jelas perbuatan” bid’ah hasanah” yang dikerjakan oleh sahabat Mu’adz bin jabal,  “ JUSTRU ROSUL SANGAT MENYUKAINYA PERBUATAN BID’AH YANG DIKERJAKAN MU’ADZ TADI. “ Nah kalau Rosul senang, lalu alasan apalagi seperti Ustaimin, Albani, Satibi dan pengikutnya sekalian, “ apakah menolak  bid’a hasanah “ bukan perbuatan sesat “ dan hadist semacam ini banyak sekali.


Apakah  yang dimaksud dengan segala bid’ah itu sesat, mari kita fahami menutut ilmu balaghoh, كل بدعة ضلا له وكل ضلا لة فى النار   “ Semua bid’ah itu sesat dan semua kesesatan masuk neraka “.Setiap benda mempunyai sifat, Tidak mingkin tidak mempunyai sifat. Sifat itu bisabertentangan seperti baik dan buruk, panjang dan pendek,gemuk dan kurus, mustahil ada benda dalam satu waktu dan satu tempat mempunya dua sifat yang bertentangan, kalau dikatakan benda itu baik mustahil pada waktu yang sama dikatakan jelek, kalau dikatakan si A berdiri mustahil pada waktu dan tempat yang sama di katakan duduk. Mari kita kembali kepada hadist. كل بد عة ضلا له وكل ضلا لة فى النار   Semua bid’ah itu sesat, semua kesesatan masuk neraka.Bid’ah itu kata benda, dan karena itu mempunyai sifat. Tidak mungkin ia tidak mempunyai sifat,mungkin saja ia bersifat baik atau mungkin bersifat jelek. “  SIFAT TERSEBUT TIDAK DI TULIS DAN TIDAK DI  SEBUTKAN “ dalam hadist diatas. Dalam ilmu balaghoh dikatkan  حذف الصفات على المو صوف “ membuang sifat dari benda yang bersifat” seandainya kita tulis sifat bid’ah maka terjadi dua kemungkinan  pertama : كل بدعة  حسنة ضلا له وكل    ضلا لة فى النار  Semua bid’ah yang baik sesat, dan semua yang sesat masuk neraka”. Hal itu tidak mungkin, bagaimana sifat baik dan sesat berkumpul dalam satu benda serta dalam waktu dan tempat yang sama, hal itu tentu mustahil. Maka yang dipastikan kemungkinan yang kedua : كل بدعة سيئة ضلا له وكل ضلا لة فى النار  Semua bid’ah yang jelek itu sesat, dan smua kesesatan masuk neraka. Maka jelek dan sesat sepadan ( paralel ) tidak bertentangan. Hal  ini terjadi pula dalam Al-qur’an, Alloh telah membuang sifat kapal dalam firmannya :

وكان وراءهم ملك يأخذ " كل سفينة " غصبا                                        

“ Di belakang mereka ada raja yang akan merampas “ semua kapal “  dengan paksa. ( AL-Kahfi : 79 ). Dalam ayat tersebut Alloh swa. Tidak menyebutkan apakah kapal baik atau kapal jelek, karena pada kenyatataannya “ yang jelek tidak diambil “ oleh sang raja yang lalim itu. Maka lafadh “ كل سفينة    sama dengan “ كل بدعة “tidak disebutkan sifatnya, walaupun punya sifat, ialah sifat yang baik,   كل سفينة حسنة  ternya menurut firman Alloh swa. Tidak selamanya kata-kata “ kullu “ tidak berarti semuanya. Pemahaman seperti ini diikuti ulamak-ulamak ahli hadist seperti, termasuk pensayarah hadist Bukori Muslim, diantaranya :


1 – Al-Imam Izzudddin bin Abdissalam Ulamak terkemuka dalam madzhab Syafi’i, البدعة فعل ما لم فى عصر رسول الله صلعم.   “ Bid’ah adalah pekerjaan yang tidak dikenal dimasa Rosulilloh saw. ( Qowaidul Ahkam Fi Masalih al-Anam 2 hal 172 )  2 – Al-Imam Nawawi, هي أحداث ما لم يكن فى عهد رسول الله صلعم.  “ Bid’ah adalah mengerjakan sesuatu yang tidak pernah dikerjakan Rosululloh saw.( Tahdhib al-Asmak wa al Lughot, jus 3 hal 22 ) termasuk membagi bid’ah menjadi 2  والمراد غا لب البدعة ( شرح مسلم )   Sabda Nabi Muhammad saw. “ Semua bi’ah  “ ini adalah kata-kata umum, yang dibatasi jangkauannya, ( yang dimaksud bid’ah yang menyimpang dari syariat yang sesat, ( Sayrah shoheh  Muslim, juz 6 hal 154 ) hal inisesuai dengan shoheh Muslim, من سن فى الا سلا م سنة حسنة  مثل اجر  Barangsiapa mengadakan sunnah yang bagus, maka ia akan mendapat pahala مثل وزر  ومن سن سنة سيئة  Barangsiapa membuat sunnah yang jelek juga akan mendapat imbalan dosa. Menurut shoheh Muslim ini bid,ah dibagi 2 ( Shoheh Muslim 14 hal 226 )  3 – Al-Imam Asyafi’i membagi bid’ah 2 macam  المحدثا ن ضر بان : ما أحدث يخا لف كتابا او سنة اواجما عا فهو بد عة ضلا لة وما أحدث فى الخير لا يخا لف شيئا من ذا لك فهو محدثة غير مذمومة    Bid’ah muhadast ada 2 macam, pertama, sesuatu yang baru yang menyalahi Qur’an Hadist atau ijmak, disebut bid’ah dholalah. Kedua, sesuatu yang baru dalam kebaikan yang tidak menyalahi al-Qur’an, sunnah dan ijmak, disebut bid,ah hasanah. ( Al-Baihaqi, Manaqib al-Syafi’i juz1 hal 469 ) Bahkan Imam Syafi’i, apabila sudah mempunyai landasan dari Qur’an Hadist tidak dinamai bid’ah:  قال الشا فعي ر ض . كل ما له مستند من الشرع فليس ببد عة ولو لم يعمل به السلف لأ ن تركهم للعمل به قد يكون لعذر قام لهم فى الوقت او لما هو افضل منه او لعله لم يبلغ جميعهم علم به . الحا فظ الغماري اتقان الصنعة فى تحقيق معنى البدعة, ص . ه.        Setiap sesustu yang mempunyai dalil syar’i, ( Qur’an Hadist ijmak ) meskipun belum dilakukan Ulamak salaf. Karena sikap mereka yang meninggalkan tersebut terkadang karena ada udzur yang terjadi pada sa’at itu, atau ada amaliah lain yang lebih utama, dan atau barangkali hal itu belum diketahu oleh mereka “.  4 – Al- Imam Abdilbar, juga membagi bid’ah 2 macam, “ Adapun perkataan Umar ra. “ Sebaik-baik bid’ah “ maka bid’ah dalam bahasa arab, adalah menciptakan, memulai sesuatu yang belum pernah ada. Maka apabila “ bid’ah “ tersebut menyalahi sunnah yang telah berlaku, maka “ bid’ah “ yang tidak baik, wajib mencela dan melarangnya, menyuruh menjahui dan meninggalkannya. “ SEDANGKAN “ BID’AH “ YANG TIDAK MENYALAHI DASAR SYRIAT DAN SUNNAH ( QUR”AN HADST ) MAKA ITU SEBAIK-BAIK BID’AH ( BID’AH HASANAH ) “ ( Al-Istidzkar, jus 5 halaman 152 ).  5 – Al-Imam Nawawi juga membagi bid’ah dibagi menjadi 5 bagian,  هي أي منقسمة الى حسنة وقبيحة   “ Bid’ah “ dibagi 2 juga dirici menjadi 5 ( Al-Imam Annawawi, tahdzib al Asmak wallughot juz 3 hal 22 )  6 – Al-Hafidz Ibnu al-Astir al-jazari, dalam kitab ( al-Nihayah fi Ghorib al-Hadist wa al-Atsar juz 1 hal 267 )  6 -  Al-Hafidz Ibn al-Arobi al – Maliki Juga Bid’ah dibagi 2 ( Aridhot al-Ahwadzi Syarah Jami’ al –Tirmidzi, juz 1 hal 147 )  وقال عمر نعمة البد عة : وانما يذم من البدع ماخلف السنة ويذم من المحد ثات ما دعا الى ضلا لة.   7 – Al – Imam Izzuddin Bin Abdissalam. Membagi “ Bid’ah “ menjadi 5 bagian, ( Qowa’id al-Ahkam fi Masalih juz 2 hal 133 )  7 – Ibnu Hajar Al-astqolani ( Fath al – Bari juz 4 hal 253 ) juga membagi 2 bagian.  8 – Al-Imam al-Aini juga membagi bid’ah menjadi 2 macam ( Umdat al-Qori, juz 11 hal 126 ) 8 – Al-Imam al-Asyaukani juga membagi “ Bid’ah “ menjdi 2 bagian bahkan lebih rinci “ Bid’ah “ dibagi 5 bagian, dia seorang hafidz al-Faqih yang dikagumi kaum Wahabi, dalam kitabnya Nailul al-Author juz 3 hal 25 yang di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Mu’amal hamidi tokoh Muhammadiyah jatim, dan masih banyak lagi. Dan anehnya Ustaimin yang mati-matian mempertahankan tentang bi’dahnya, “ setiap bid’ah sesat “ ( Muhammad bin Sholeh al-Ustaimin, Al-Ibda’ fi Kmal al-Syar’i wa al-Kathar al-Ibtidak, hal 13 )  ini pendapat pertama.Rupanya sulit dipertahankan pendapatnya. الا بد ليل من الكتاب والسنة على مشروعيته     Kecuali ada dalil dari Al-Qur’an Al-Hadist yang membolehkannya. ( Al-Ustaimin,Syarh al-Aqidah al-Wasithiyah, hal 639-640 ). Nah kalau acuannya Qur”an  Hadist, kan sama saja, kalau kata syare’at beik  ya “ hasanah “ kalau kata syare’at jelek ya dholalah, selesailah kenapa muter-muter, mau terbang kelangit yang ke 7 pun turun juga ketanah, cobak perhatikan lagi, pendapat beliau yang ke 3., ومن القواعد المقررة ان الوسا ئل لها أحكام المقا صد, فو سا المشروع مشروعية ووسا ئل غير مشروع غير مشروعة بل وسا ئل المحرم حرام, فا لمدارس وتصنيف العلم وتأ ليف الكب وان كان بدعة لم يوجد فى عهدالنبي صلعم, على هذالوجه الا انه ليس مقصدا بل هو وسيلة والوسائل لها احكام المقا صد, ولهذا لو بنى شخص مدرسة لتعليم علم محرم كان البناء حرام ولو بنا مدرسة لتعليم علم شرعى كان البناء مشروعا ( العثيمن,الا بداءفى كمال الشرع وخطر الابتداء .  “ Diantara kaidah yang ditetapkan adalah bahwa perantara itu mengikuti hukum tujuannya. Jadi perantara tujuan yang di syaria’atkan, juga disyariatkan. Perantara tujuan yang tidak disyariatkan juga tidak di syari’atkan. Bahkan perantara tujuan yang di haram, juga di haramkan. Karena itu pembangunan madrasah-madrasah, penysunan ilmu pengetahuan dan kitab-kitab, meskipun bid’ah yang  belum ada pada masa Rosululloh saw. dalam bentuk seperti ini namun ia bukan tujuan, melainkan hanya perantara, sedangkan hukum perantara mengikuti hukum tujuannya. Oleh karena itu, bila seorang membangun madrasah untuk ilmu yang di haramkan, maka membangunnya haram mendapat dosa. Bila membangun madrasah untuk ilmu yang di syariatkan, maka membangunnya di syari’atkanmaka mendapat pahala  “ ( Al- Ustaimin, al-Ibda’ fi Kamal al-Syar’i wa Khatar al-Ibdak’hal 18-19 ) Dari penjelasan Ustaimin tadi, membangun madrasah adalah “ bid’ah “ dan boleh walaupun tidak pernah ada pada masa Rosululloh saw. dus, tidak selamanya yang tidak ada pada masa Rosululloh itu sesat. Sekarang apa bisa “ JIPLAK” persis sama dimasa Rosululloh, ya tidak akan bisa, makanya Rosul menyuruh kita ikutilah sahabatku apbila aku sudah tiada ( wafat ) dari sinilah muncul sebuah pemahamn hukum yang namany disamping Qur’an Hadist, yitu “ IJMAK DAN QIYAS “ kalau tidak, dikit-dikit bid’ah, karena angan-angan dibenaknya yang ada Cuma “ KULLU BID’ATIN DHOLALA “ yang tidak pernah dicontohkan Nabi sesat ! nyatanya sentral wahabi seperti Ustaimin berbuat bid’ah seperti membangun madrasah yang tidak pernah dicontohkan Nabi.  Jadi tidak mudah mengatan, lomba tilawatilQur’an bid’ah, Maulid Nabi bid’ah, memperingati Nuzulul Quran sesat, tahlil bid’ah, memperingati Isro’ Mi’roj bid’ah, membaca ysin bersama neroko, khutbah jum’at diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia kesasar kalau takut bid’ah silahkan pakai bahasa arab karena Nabi tidak pernah memakai bahasa Indonesia, isttighosah syirik, nahwu,sorrof,balagho ma’ani manteq mengada-ngada dan bid’ah, dzikir, membaca sholawat ketika akan sholat bid’ah, yaa gak ada benarnya. Beranikah menyesatkan Ustaimin membangun madrasah yang belum pernah di contohkan Rosul,  karena yang tidak pernah di contohkan Rosul semua sesat  ???   ternyata tidak.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar